Pengembangan ICT di Sukabumi bersama Korea IT Volunteer by blackgerry

13 Jul 2012

Upaya Pengembangan ICT di Indonesia memang tergolong lambat, namun keinginan untuk mengembangkannya terlihat dari berbagai program yang digulirkan pemerintah melalui kementrian komunikasi, Informasi dan Teknologi di daerah-daerah.

Salah satu program pengembangan wilayah pedesaan dibidang ICT yaitu adanya Warung Internet Desa yang dibantu oleh Bank Dunia serta konsorsium berbagai lintas sektoral sehingga tercapailah keberadaannya di 3 Provinsi yaitu, Jawa Barat, Banten dan Lampung.

Sukabumi ternyata menjadi salahsatu dari Kabupaten yang mendapat berkah bantuan pengadaan Warnet Desa sehingga terdata sekitar 18 titik Warnet Desa sepertiWardes Caringin, Wardes Cibadak, Wardes Cikidang, Wardes Jampang Kulon, Wardes Jampang Tengah, Wardes Kabandungan, Wardes Kalapa Nunggal, Wardes Kalibunder, Wardes Nagrak, Wardes Nayalindung, Wardes Pabuaran, Wardes Parung Kuda, Wardes Sagaranten, Wardes Surade, Wardes Tegal Buleud, Wardes Warung Kiara, Wardes Ciemas, Wardes Ciracap.


Namun dengan adanya Wardes bukan berarti masalah selesai, fakta dilapangan bahwa tidak semua wardes beroperasi dengan normal dan sesuai dengan harapan. Bahkan ada beberapa Wardes yang tidak terdeteksi lagi keberadaannya. Wardes yang masih berjalan pun tidak bisa dibilang memberikan pengaruh terhadap perkembangan ICT, lebih terlihat seperti warnet biasa pada umumnya.


Maka, ketika ada program pengembangan ICT di daerah berkembang dari Korea ITU Volunteer, melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika mencoba menyasar daerah - daerah yang perlu sentuhan Kegiatan pengembangan sumberdaya manusia bidang ICT. Program ini kemudian disambut baik juga oleh RelawanTIK, yaitu sebuah komunitas yang bergerak demi kemajuan TIK di Indonesia.


Warnet Desa yang ada di Sukabumi kemudian menjadi salah satu sasaran program dan terpilih di wilayah Selatan seperti Surade dan Jampangkulon untuk mendapat manfaat program sehingga akan ada perkembangan yang signifikan atas sumber daya manusia bidang ICT.


Bersama Korean ITU Volunter di Sukabumi atau di kenalkan dengan istilah #KIVSukabumi, RelawanTIK Jawabarat mencoba memfasilitas program ini dengan membuat program-program pelatihan dibidang ICT seperti, HTML, Foto & Video Editing, Blogging, Microsoft Office, dan Basic Komputer. Selain itu juga diperkenalkan budaya dan bahasa dari Korea sehingga terjalin komunikasi serta persahabatan dengan warga Sukabumi.


Program ini akan berjalan sekitar 1,5 bulan mulai tanggal 7 Juli hingga 23 Agustus 2012.


TAGS blogvaganza fajar eri dianto fajareridianto edukasi internet telkom relawan TIK jawa barat speedy relawanTIK korean it volunteers kemkomninfo


-

Author

Follow Me